Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan bayi usia 2 bulan - Buah hati anda sekarang sudah berumur 2 bulan dan bukan merupakan bayi baru lahir lagi. Pada tahap perkembangan bayi seperti ini, bayi anda sudah mampu mengidentifikasi bunyi – bunyi yang sering mereka dengarkan. Oleh karena itu, bayi mulai menjadi pemerhati yang unik khususnya mengenai suara. Sudah tentu ibu adalah yang paling dekat dengan bayi meski ada ayah mereka karena ibu adalah orang yang paling mengerti mereka dengan menghabiskan waktu bersama-sama sekian lamanya.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Berikut Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan


Pada perkembangan bayi usia 2 bulan ini, bayi sudah mulai bisa bergaul sederhana dengan orang lain terutama orang sekitar rumah. Namun tidak semua bayi dapat dengan mudah akrab dengan orang lain dan hal ini dibuktikan dengan kondisi mereka sewaktu dipelukan atau dibuaian orang lain, kecuali dengan ibunya dan alhasil, bayi pun akan menangis jika dipeluk oleh orang lain, karena sensasi yang bayi dapatkan berbeda dari apa yang diberikan ibu mereka. Perkembangan lainnya pada usia bayi 2 bulan adalah tampak pergerakan kepala lebih bervariatif, pergerakan tubuh lebih kuat dan dapat bertahan lama. Meski bayi sudah mampu untuk menggerakan tubuh mereka, sang ibu juga masih perlu untuk memberikan perlindungan dengan memberikan topangan pada tubuh bayi.

Selain pergerakan tersebut, bayi juga sudah mulai aktif melakukan variasi gerakan yang lainnya seperti senang mempermainkan tubuh mereka yang mencangkup mulut dan jari. Pada perkembangan bayi 2 bulan ini, bayi akan cenderung ingin memegang apapun yang dapat mereka gapai dan disini lagi-lagi peran aktif orang tua sangat dibutuhkan yakni memisahkan benda yang boleh dan tidak untuk dipegang bayi mengingat bayi sering memasukkan benda yang mereka pegang ke mulut mereka.

Tips
  • Ikatan batin antara ibu dan bayi secara naluriah sudah muncul sejak bayi lucu anda masih dalam kandungan. Saat bayi berusia 2 bulan, bayi hanya makan dari air susu ibu mereka dan kerena itulah bayi merasakan apa yang dirasakan ibu, meskipun komunikasi yang terjalin antara bayi dan ibu belum terjalin secara lisan. Ikatan batin antara ibu dan bayi tersebut dapat diidentifikasi sewaktu ibu memandang sang bayi dan tiba-tiba sang bayi membalas dengan senyuman atau sebaliknya
  • Pengaruh dan perhatian orang tua pada perkembangan bayi 2 bulan ini sangatlah penting. Karena rangsangan positif dari orang tua sangatlah diperlukan untuk membentuk pribadi yang baik dari si bayi tersebut. Selain itu, rangsangan itupun dapat diekspresikan dalam bentuk gerakan yang dilaksanakan dengan penuh cinta didalamnya seperti belaian, kecupan, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, pengawasan orang tua sangatlah dituntut apalagi ketika bayi bersikap atau menunjukkan gejala yang aneh, para orang tua perlu diharapkan lebih waspada siapa tahu anak mereka menderita penyakit seprti autis ataupun hyperactivity.


Begitulah kira-kira apa yang dapat ibu lakukan pada perkembangan bayi usia 2 bulan. Apabila ingin mengetahui perkembangan bayi usia 1 bulan bisa dilihat di artikel sebelumnya perkembangan bayi usia 1 bulan.

0 Response to "Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan"

Posting Komentar