Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan - Memperhatikan perkembangan si kecil adalah hal yang sangat menyenangkan sekaligus menakjubkan bagi seorang ibu. Setiap perkembangannya akan diikuti dengan seksama dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. Dan tak terasa usia bayi anda sekarang sudah memasuki usia yang ke 9. Pada tahap perkembangan bayi seperti ini, motorik si kecil yang paling banyak ditemui adalah dia sudah bisa merangkak, duduk sendiri, mengangkat barang yang dia jumpai, bahkan dia sudah bisa memanjat. Oleh karena itu, apabila terdapat tangga di rumah anda, pasanglah pengaman seperti pagar pada tangga. Bagi si kecil, tangga akan menjadi sesuatu yang menjadi daya tarik yang luar biasa. 


Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan -

Berikut Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan


Dengan perkembangan yang begitu aktif, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan :

Perhatikan Keamanan Rumah Anda

Anda diharuskan lebih berhati-hati lagi dalam menata rumah anda. Karena bayi anda akan sering mencoba memanjat apapun yang bisa dia panjat, seperti tangga atau pun berbagai peralatan rumah anda. Selain itu, apabila anda menidurkan-nya di sebuah ranjang bayi, maka pastikan-lah bahwa si kecil tidak akan bisa memanjat-nya keluar dari ranjang, karena itu bisa membahayakan si kecil. 
Selain itu, tata lah sebaik mungkin posisi dapur anda dan pastikan bisa memberikan keamanan bagi bayi anda, karena dapur merupakan tempat yang sangat disenangi oleh si kecil untuk bereksplorasi. Yang harus anda lakukan mengenai dapur anda :
  1. Kunci oven Anda. Rasa ingin tahu bayi sangat tinggi, dan tidak menutup kemungkinan dia akan bermain-main dengan alat tersebut.
  2. Janganlah memasak sambil menggendong bayi anda. 
  3. Jangan menaruh wajan atau panci di atas kompor, bayi anda bisa bisa menariknya ketika Anda lengah
  4. Kunci setiap lemari yang terjangkau olehnya, 


Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Berikan satu buah lemari kecil untuk bayi anda. Karena da akan sangat merasa senang dan akan selalu membuka dan menutupnya
  2. Sediakan mainan yang berbentuk wajan, panci atau apapun yang bisa dijadikan bahan eksplorasi si kecil. 
  3. Sediakan pula sendok kayu atau yang terbuat dari bahan yang aman untuk permainan si kecil yang bisa digunakan-nya untuk memukul panci atau sejenisnya, 

Makanan
Terkadang bayi anda akan bermain juga dengan makanan yang diberikan. Maka, Satu hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan makanan adalah kemandirian si kecil. Cobalah berikan sendok bayi yang bisa dipegangnya. Selama Anda menyuapinya, biarkanlah dia memegang sendok tersebut.
Kecerdasan
  • Si Kecil sudah bisa memahami konsep dasar berhitung. Latihlah dia mengucapkan angka yang disebutkan dengan menunjukkan telunjuk kita, dan lakukan berulang-ulang maka dia akan mengikutinya.
  • Si kecil juga sudah mahir meniru ekspresi wajah serta gerak-gerik yang Anda lakukan.
  • Dia semakin memahami, bahwa benda-benda yang tidak nampak oleh penglihatan mereka, bukan berarti benda itu tidak ada. 
  • Dia sudah bisa menempatkan setiap benda, suara dan kejadian sesuai dengan kategorinya, berdasarkan pengalamannya selama ini.

Lain-lain

Meskipun bayi anda sudah begitu aktif, namun tetaplah dia memerlukan anda untuk selalu ada di sampingnya. Sehingga dengan kehadiran anda di sampingnya, dia akan merasa nyaman dan lebih percaya diri. 

Demikian paparan mengenai perkembangan bayi usia 9 bulan semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan.

0 Response to "Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan "

Posting Komentar