Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangan bayi usia 3 bulan – Pada usia bayi 3 bulan, bayi anda sudah mengalami perubahan yang lumayan signifikan. Bayi anda sudah bisa menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan sebagai penopang. Selain itu, pada tahapan perkembangan bayi seperti ini ia juga sudah mulai bisa belajar mengangkat dan menggerakkan otot tangan dan kakinya. Oleh karena itu, si kecil sudah mampu meraih serta menggenggam benda-benda kecil yang Ibu berikan padanya.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Berikut Perkembangan Bayi 3 Bulan 

Pada usia bayi 3 bulan, perkembangannya adalah sebagai berikut : 

Inderanya Berkembang

Pada usia 3 bulan bayi lucu anda akan menggunakan seluruh panca inderanya untuk memuaskan semua rasa ingin tahunya. Bayi Ibu mulai menangis karena terkejut dengan suara keras misalkan, selain itu ia juga mulai memahami suara yang dikenalnya membuatnya nyaman. 

Penglihatan

Penglihatan bayi berusia tiga bulan biasanya sudah dapat melihat benda dan keadaan lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian, Ikatan batin antara Ibu dan si kecil pada saat ini sudah terjalin melalui tatapan mata. Selama menyusui, biasanya jari-jari mungil tangannya akan meraih serta menyentuh wajah ibunya. Tataplah bayi ibu dengan penuh kasih sayang, sehingga bayi kedekatan emosi ibu dan bayi akan semakin erat. 

Pendengaran

Ucapkan kata-kata yang lebut dan bernada positif di sekitar bayi. Karena telinga bayi usia 3 bulan sudah bisa lebih baik lagi menerima informasi atau data sehingga nantinya akan diolah oleh syaraf otak si kecil, dan akan menjadi masukan data yang baik bagi si kecil. 

Bayi akan merasa terkejut ketika mendengar suara  keras yang terjadi di sekelilingnya. Akan tetapi suara Ibu yang sudah dikenalnya akan segera menenangkannya. Hasrat si bayi untuk mengetahui keadaan di sekelilingnya begitu tinggi, sehingga anda jangan heran ketika si bayi ingin menjelajah lebih luas lagi tentang apa yang terjadi di sekitarnya.

Peraba

Perkembangan fungsi indera peraba si kecil pun sekarang sudah makin berkembang. Ibu bisa memberi rangsangan dengan menyentuhkan ujung jari tangan atau kakinya ke ujung selimutnya yang lembut dan ia akan merasakan kegelian.

Penciuman

Indera penciuman pada bayi sangat membantu dalam mengenali kedua orang tuanya, terutama ibunya melalui kegiatan menyusui. Bau yang dikenali oleh bayi, akan membuatnya tenang dan tidak rewel.

Pengecap

Indera pengecap bayi 3 bulan sudah semakin baik dan peka. Sehingga ketika bayi anda sudah merasakan rasa yang tidak enak pada ASI ibu, sesegera dia akan meresponnya dengan melepas putting ibu ketika disusui. 

Rangsang otak dan tubuh bayi Ibu

Bagian terpenting yang harus diperhatikan oleh ibu adalah perkembangan otaknya. Pada usia ini otaknya akan segera mengalami proses pematangan yang perlu ditunjang dengan pemenuhan zat-zat gizi yang tepat dan aneka rangsangan (stimuli)

Berikan si kecil permainan yang berwarna terang dan mengeluarkan bunyi. Karena suara mainan bergemerincing atau bunyi bel akan merangsang bayi 3 bulan Ibu dan akan segera belajar meraih serta menyentuh benda bergerak itu. Hal ini baik sekali dalam rangka melatih koordinasi antara tangan dan mata bayi Ibu.

Demikian, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi para ibu dalam menjaga si kecil pada tahap2 perkebangannya. Perkembangan bayi usia 2 bulan bisa ibu lihat di artikel sebelumnya.

0 Response to "Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan "

Posting Komentar